Home » , , , , » Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

Mengapa di sepanjang rel kereta api di taburi batu kerikil?. Berikut ini fungsi-fungsinya:
  1. Batu kerikil berfungsi sebagai pemberat dan membuat rel supaya tetap berdiri dengan stabil, sehingga ketika dilewati kereta api rel tidak bergerak/goyang.
  2. Batu kerikil ini berfungsi menyerap getaran yang ditimbulkan ketika kereta lewat. Sehingga guncangan pun berkurang dan rel kereta menjadi lebih awet/tidak cepat rusak.
  3. Fungsi lain batu kerikil ini untuk menahan dan memperlancar aliran air saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah pengikisan tanah atau erosi tanah di sekitar rel kereta api.
  4. Batu kerikil juga berfungsi menghambat tumbuhnya rumput disekitar rel. Dengan tumbuhnya rerumputan ini bisa menyebabkan penggembuaran tanah disekitar rel. Jika ini terjadi bisa membuat tanah dibawah rel tidak stabil sehingga membahayakan perjalanan kereta api.
Pada area tertentu batu kerikil pada rel kereta api ini tidak diperlukan, seperti pada rel kereta yang melintas diatas jembatan atau jalan raya. Karena semua fungsi yang terdapat pada batu kerikil tersebut sudah diambil alih oleh mekanisme lain seperti jembatan dan jalan beraspal.

Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api


Editor: Agus Setiawan
Referensi: Berbagai Sumber

0 komentar:

Posting Komentar