Home » , , , » Alasan Jendela Menara ATC Dibuat Miring

Alasan Jendela Menara ATC Dibuat Miring



Secara umum desain/bentuk menara Air Traffic Control (ATC) atau Pemandu Lalu Lintas Udara sama. Dimana-mana menara ini selalu memiliki jendela yang miring. Lalu apa tujuannya? kenapa jendela tersebut dibuat miring?.

Banyak anggapan bahwa jendela miring untuk mencegah pantulan sinar matahari ke pilot di dalam kokpit pesawat. Namun penjelasan ini tidak memiliki dasar kuat. Karena jika memang itu alasannya kenapa jendela pada bangunan lain yang ada dibandara tidak dibuat miring juga?.

Manfaat dari jendela miring ini sebenarnya bukan untuk orang-orang yang berada di luar menara ATC, melainkan untuk orang-orang yang ada di dalam menara ATC.

Dengan kaca yang dibuat miring membuat cahaya di dalam menara (seperti layar monitor, lampu, dsb) akan terpantulkan ke langit-langit. Dan langit-langit menara ATC sendiri biasanya akan dicat warna gelap untuk menyerap cahaya tersebut. Hal ini sangat penting bagi petugas di dalam menara ATC, karena pandangan mereka tidak boleh terganggu oleh pantulan kaca jendela.


Editor: Agus Setiawan
Referensi: Berbagai Sumber

0 komentar:

Posting Komentar