Home » , , » Renungan Inspiratif, Menjadi Lebih Baik Mulai Dari Diri Sendiri

Renungan Inspiratif, Menjadi Lebih Baik Mulai Dari Diri Sendiri


Ketika aku muda dan masih bebas berkhayal,aku Bermimpi aku ingin mengubah seluruh dunia ini agar menjadi lebih baik.

Namun seiring bertambahnya usia dan kearifanku ku dapati dunia tidak pernah menjadi lebih baik.

Lalu aku sadari,betapa sulit mengubah seluruh dunia ini.
Lalu aku putuskan untuk mengubah negaraku saja.

Ketika aku sadari bahwa aku tidak bisa mengubah Negaraku,aku berusaha untuk mengubah kotaku.

Ketika aku semakin tua,aku sadari tidak mudah mengubah kotaku.

Ketika aku semakin senja dengan semangatku yang masih tersisa lalu aku putuskan hanya untuk mengubah keluargaku sendiri dan orang-orang yang dekat denganku.
Namun celakanya merekapun tidak mau berubah.

Kini aku semakin renta,aku tidak bisa mengubah keluargaku.
Aku sadari bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri.

Hari ini sementara aku terbaring untuk menanti ajal tiba.
Lalu tiba-tiba saja aku sadari,seandainya saja dulu aku berpikir yang pertama-tama kurubah adalah diriku sendiri,maka dengan menjadikan diriku panutan dan teladan,maka aku akan bisa merubah keluargaku terlebih dahulu,lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka,bisa jadi aku bisa memperbaiki negaraku,kemudian siapa tahu dengan begitu aku bisa merubah potret dunia.

Tidak ada yang bisa kita ubah,sebelum kita mengubah diri sendiri.
Tak bisa kita mengubah diri sendiri sebelum mengenal diri sendri.
Takkan kenal pada diri sendiri sebelum mampu menerima diri sendiri apa adanya.

Sumber: FP SHDPH

0 komentar:

Posting Komentar