Home » » 5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya

5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya

Rukun Islam terdiri dari lima perkara :

1. Syahadat

Seorang dari agama selain islam yang akan masuk memeluk agama islam atau yang biasa kita sebut Mualaf wajib mengucapkan kalimat syahadat,karena 2 kalimat syahadat adalah syarat utama seseorang masuk agama islam.Kalimat syahadat ini diucapkan dengan bimbingan atau bantuan seorang ustadz.Untuk Seorang muslim memperkukuh dalam mengimani Islam Seorang muslim juga diperbolehkan mengucapkan kalimat syahadatain-nya.

Mengucap dua kalimat syahadat :

أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله
Asyhadu an-laa ilaaha illallaah Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah 
Terjemahannya :
Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.
Syahadat (persaksian) ini memiliki makna mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan. Adapun orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya.

2. Shalat

Shalat merupakan tiang agama dan rukun terpenting setelah syahadat. Shalat lima waktu sehari semalam merupakan perintah Allah SWT yang wajib dilaksanakan dan menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat.

3. Puasa

Puasa wajib pada bulan Ramadhan.

4. Zakat

Allah SWT telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir serta selain mereka yang zakat boleh diserahkan kepada mereka sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur’an. Di antara manfaat mengeluarkan zakat menghibur jiwa orang-orang fakir dan menutupi kebutuhan mereka serta menguatkan ikatan cinta antara mereka dan orang kaya.

5. Haji (bagi yang mampu)

Haji ke baitullah Mekkah sekali seumur hidup bagi yang mampu. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah.

0 komentar:

Posting Komentar